Jumat, 31 Oktober 2014

Program garis Vertikal, Horizontal dan Diagonal berbasis OpenGL


Tugas dalam format PDF
Download di Link1 atau Link2


Pada tugas ini saya membuat program dengan menggunakan aplikasi DEV C++
Berikut ini adalah Screenshot listing program beserta outputnya dan penjelasan dari programnya.

1.      Buatlah program garis vertikal dengan menggunakan OpenGL !
Listing program



Logika program 

·         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
       untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
·         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
      untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
·         glPushMatrix ();
      Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
·         glClearColor(1,1,1,0);  
      untuk menentukan warna garis/titik
·         glColor3f(1,1,1);
      untuk menentukan warna garis/titik
·         glBegin(GL_LINES);        
      untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
·         glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  
       untuk menentukan titik awal yang digunakan
·         glVertex3f(0,0,0.0);            
       untuk menentukan titik akhir yang digunakan
·         glEnd ();            
       untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
·         glPopMatrix ();
      Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
·         SwapBuffers (hDC);
      untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
·         Sleep (1);
·         }
·         }
 


Pada pembuatan garis vertikal memiliki fungsi pada line di coding bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan,  koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.

Output program





2.    Buatlah program garis horizontal dengan menggunakan OpenGL !
Listing program



Logika program

·         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
       untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
·         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
       untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
·         glPushMatrix();          
      Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
·         glBegin(GL_LINES);          
      untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
·         glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);  
      untuk menentukan titik awal yang digunakan
·         glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);  
      untuk menentukan titik akhir yang digunakan
·         glEnd();          
      untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
·         glPopMatrix();
      Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
·         SwapBuffers (hDC);
      untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
·         Sleep (1);
·         }
·         }

Pada pembuatan garis horizontal  lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal.

Output





      3.      Buatlah program garis Diagonal dengan menggunakan OpenGL !
      Listing program




Logika program
·         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
      untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
·         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  
      untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
·         glPushMatrix ();          
      untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
·         glClearColor(1,1,1,0);  
      untuk menentukan warna garis/titik
·         glColor3f(1,1,1);
       untuk menentukan warna garis/titik
·         glBegin(GL_LINES);      
      untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
·         glVertex3f(0,0,-0.8);  
      untuk menentukan titik awal yang digunakan
·         glVertex3f(9.9,8.9,0.1);  
       untuk menentukan titik akhir yang digunakan
·         glEnd ();        
       untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
·         glPopMatrix ();
       Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
·         SwapBuffers (hDC);
       untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
·         Sleep (1);
·         }
·         }

Pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal

Output
 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar