Tugas dalam format PDF
Pada tugas ini saya membuat program dengan menggunakan aplikasi DEV C++
Berikut ini adalah Screenshot listing program beserta outputnya dan
penjelasan dari programnya.
1. Buatlah program garis vertikal dengan menggunakan
OpenGL !
Listing program
Logika program
·
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f);
untuk memilih warna yang digunakan
untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
·
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
untuk membersihkan layar latar
belakang dengan warna hitam
·
glPushMatrix ();
Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar
·
glClearColor(1,1,1,0);
untuk menentukan warna garis/titik
·
glColor3f(1,1,1);
untuk menentukan warna garis/titik
·
glBegin(GL_LINES);
untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan
·
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
untuk menentukan titik awal yang
digunakan
·
glVertex3f(0,0,0.0);
untuk menentukan titik akhir yang
digunakan
·
glEnd ();
untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir
·
glPopMatrix ();
Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar
·
SwapBuffers (hDC);
untuk menukar bagian belakang buffer
menjadi buffer layar
·
Sleep (1);
·
}
·
}
Output
program
2. Buatlah program garis horizontal dengan menggunakan
OpenGL !
Listing program
Logika
program
·
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
untuk memilih warna yang digunakan
untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
·
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
untuk membersihkan layar latar
belakang dengan warna hitam
·
glPushMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar
·
glBegin(GL_LINES);
untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan
·
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
untuk menentukan titik awal yang
digunakan
·
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
untuk menentukan titik akhir yang
digunakan
·
glEnd();
untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir
·
glPopMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar
·
SwapBuffers (hDC);
untuk menukar bagian belakang buffer
menjadi buffer layar
·
Sleep (1);
·
}
·
}
Pada
pembuatan garis horizontal lebih memahami masalah di line
bagian "glvertex3f" disinilah
dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah
pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi
yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk
compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan
sebuah garis berbentuk garis Horizontal.
Output
3. Buatlah program garis Diagonal dengan menggunakan
OpenGL !
Listing program
Logika
program
·
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f);
untuk memilih warna yang digunakan
untuk membersihkan latar dalammode RGBA
·
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
untuk membersihkan layar latar
belakang dengan warna hitam
·
glPushMatrix ();
untuk membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar
·
glClearColor(1,1,1,0);
untuk menentukan warna garis/titik
·
glColor3f(1,1,1);
untuk menentukan warna garis/titik
·
glBegin(GL_LINES);
untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan
·
glVertex3f(0,0,-0.8);
untuk menentukan titik awal yang
digunakan
·
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
untuk menentukan titik akhir yang
digunakan
·
glEnd ();
untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir
·
glPopMatrix ();
Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar
·
SwapBuffers (hDC);
untuk menukar bagian belakang buffer
menjadi buffer layar
·
Sleep (1);
·
}
·
}
Pada pembuatan garis diagonal
sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah
dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah
pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi
yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk
compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan
sebuah garis berbentuk garis diagonal
Output
Program garis Vertikal, Horizontal dan Diagonal berbasis OpenGL